Sistem kekebalan badan atau sistem imun mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, sistem ini terdiri dari sel dan zat yang dihasilkan oleh tubuh, keduanya bekerja secara kolektif untuk melawan zat absurd yang masuk ke dalam tubuh. 

Sistem kekebalan badan juga menawarkan dukungan dari pengaruh luar menyerupai abses kuman, basil dan virus dengan melibatkan sel dan organ di dalam tubuh, apabila sistem ini melemah maka dukungan yang dihasilkan menjadi lemah sehingga kuman, virus maupun basil dapat masuk dan berkembang. 
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh / Sistem Imun Anak
Image Source: pixabay.com

Kondisi ini sering dialami oleh belum dewasa alasannya yaitu sistem kekebalan tubuhnya belum tepat sehingga rentan terkena penyakit, meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang renta untuk meningkatkan sistem kekebalan badan pada anak.

1. Memberikan Asi Eksklusif

Pemberian ASI pada anak yang berusia 0-6 bulan memiliki kegunaan untuk meningkatkan daya badan serta dapat menawarkan dukungan terhadap penyakit yang bekerjasama dengan sistem pencernaan dan pernapasan.  

2. Bermain di Lingkungan

Para orang renta sering merasa khawatir apabila anak mereka bermain pada lingkungan yang kotor, padahal bermain pada lingkungan yang menyerupai itu dapat meningkatkan sistem kekebalan badan anak semoga dapat berkembang sepenuhnya. 

3. Banyak Tertawa

Melakukan kebiasaan yang dapat membuat anak tertawa merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan produksi sel yang dapat membantu meningkatkan kekebalan badan dengan membunuh kuman penyebab flu dan pilek.

4. Beristirahat Dengan Cukup

Meningkatkan sistem kekebalan badan mampu dilakukan dengan cara beristirahat dengan cukup alasannya yaitu porsi tidur anak sehat dengan usia 3-12 tahun mencapai 10 jam setiap harinya.

5. Kurangi Memberikan Antibiotik

Pemberian anti biotik yang terlalu sering kepada anak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara dapat merusak silia rambut di dalam hidung yang berperan sebagai penangkal masuknya benda absurd ke dalam badan sehingga jauhkan anak dari polusi udara menyerupai asap pembakaran, asap rokok dan polusi akhir beberapa materi kimia lainnya.

7. Berikan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Imunitas

Memberikan asupan makanan yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan imunitas merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan badan anak, makanan tersebut di antaranya yaitu susu kedelai, ikan, telur, madu, sayuran dan buah-buahan.

Cara ini dapat diterapkan dengan mudah dengan tetap memperhatikan dan memantau tumbuh kembang dan kebiasaan anak setiap harinya. (Baca Juga: Kiat Mendidik Anak yang Cerdas, Sehat dan Berani semenjak Dini)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: